RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN Kece Hitz
Mata Pelajaran :Matematika
Kelas / Semester :
1 / 2
Alokasi Waktu :2
x 35
A.
Standar
Kompetensi
5.
Menggunakan
pengukuran berat
B.
Kompetensi
dasar
5.2
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan berat benda
C.
Indikator
Kognitif
1.
Menyebutkan
benda-benda di sekitar kelas.
2.
Mengukur berat benda secara tidak
lansung
3.
Menjelaskan pengukuran dan perbandingan
berat benda secara langsung.
4.
Mempraktekkan
pengukuran dan perbandingan berat benda dengan satuan tak baku.
5.
Menyimpulkan
hasil pengukuran dan perbandingan benda yang dibahas.
Psikomotor
1.
Mengumpulkan
benda-benda yang akan menjadi pembahasan
2.
Menempatkan
benda sesuai berat dan ringannya
3.
Mengoperasikan
benda sesuai hasil pengukurannya.
4.
Menjelaskan
kembali mengenai materi yang dibahas.
Afektif
1.
Mempertanyakan
mengenai hal yang belum dipahami
2.
Menjawab dengan
memberi respon pada setiap pembahasan
3.
Mengajukan
pertanyaan tentang masalah yang bekaitan dengan berat benda
4.
Memadukan
masing-masing konsep yang bisa dipahami dengan benar
D.
Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
1. Dengan
mengukur benda, siswa bisa mengetahui berat benda yang ringan dengan baik
2. Dengan
mengamati benda, siswa bisa mengetahui berat benda yang berat dengan baik
3. Dengan
mendengarkan apa yang di sampaikan guru, siswa bisa mengukur satuan berat tak
baku dengan benar
4. Dengan
menyimak penjelasan dari guru, siswa dapat membedakan hasil pengukuran berat
dengan satuan tak baku secara benar
Psikomotor
1. Melalui
pengarahan guru, siswa dapat menimbang berat satuan baku dengan baik
2. Dengan
kegiatan kelompok, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan ringannya
secara tepat
3. Dengan
kegiatan kelompok, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan beratnya
secara tepat
Afektif
1.
Dengan penjelasan guru, siswa dapat
menjawab soal latihan secara benar
2.
Melalui pengarahan guru, siswa dapat
mengajukan pertanyaan tentang berat benda
E.
Materi Pokok
1.
Perbandingan
berat benda secara langsung
2.
Pengukuran dan
perbandingan berat benda dengan satuan tak baku
F.
Model dan Metode Pembelajaran
1. Model pembelajaran : Cooperative Learning tipe NHT (Number
Head Together)
Sintaks:
a. Mengarahkan
b. Membuat kelompok heterogen dan tiap siswa
memiliki nomor tertentu.
c. Memberikan persoalan materi bahan ajar (untuk
tiap kelompok sama tapi untuk tiap siswa tidak sama sesuai dengan nomor siswa.
Tiap siswa dengan nomor sama mendapat tugas yang sama) kemudian bekerja
kelompok.
d. Mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan
nomor siswa yang sama sesuai tugas masing-masing sehingga terjadi diskusi
kelas.
e. Mengadakan kuis individual dan membuat skor
perkembangan tiap siswa.
f. Mengumumkan hasil kuis dan memberikan reward.
2. Metode pembelajaran: ceramah, tanya jawab,
penugasan.
G.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal (10 menit)
a Memulai mata pelajaran
b
Melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan
pembelajaran inti
c Memberi motivasi kepada siswa agar
semangat dalam mengikuti pembelajaran
yang akan dilaksanakan
d
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang kegiatan yang akan
dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut
dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahamai
2. Kegiatan
Inti (40 menit)
a Siswa menerima materi bangun datar sederhana
b
Siswa mengamati gambar bangun datar sederhana yang sudah disediakan guru
c
Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
d Siswa diberi penugasan
berdasarkan nomornya, siswa. nomor 1 bertugas menyebutkan nama bangun datar
sederhana, siswa nomor 2 betugas mengelompokkan sesuaia dengan bentuknya.
e Siswa bisa bekerja sama
anatar kelompok Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa
disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor
sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa
saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka.
f Siswa melaporkan hasil
dan tanggapan dari kelompok yang lain
g Siswa
mendapatkan kesimpulan tentang materi yang dipelajari
3. Kegiatan
akhir (10 menit)
a Siswa mengajukan pertanyaan tentang materi
yang belum dimengerti
b Siswa melakukan refleksi dari kegiatan
yang sudah dilakukan dalam menentukan bangun datar sederhana
c Mengakhiri pembelajaran
H. Sumber
belajar dan alat/media
1.
Sumber Belajar :
a.
Buku pegangan guru/siswa
Sogiarto
joko, dkk. 2007. Terampil berhitung matematika untuk SD Kelas 1 . Jakarta:
penerbit Erlangga
Lusia
dan sunardi 2009. Matematika untuk SD Kelas 1 Jakarta:Swadaya Murni
b.
Pengalaman siswa
2.
Alat/media :
-
Kapas
-
Batu
-
Gambar benda
I.
Penilaian
1.
Lembar kegiatan
siswa (LKS)
Petunjuk kegiatan
siswa:
a. Siswa
berkumpul dengan kelopok masing-masing sesuai dengan nomor kelompok yang sudah
dibentuk oleh guru
b. Siswa diberi penugasan berdasarkan
nomornya
c.
nomor 1 bertugas menyebutkan nama bangun datar sederhana, siswa
nomor 2 betugas mengelompokkan sesuaia dengan bentuknya.
d. Siswa bisa bekerja sama
antar kelompok Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok.
e. Siswa melaporkan hasil
kerja kelompok dan tanggapan dari kelompok yang lain
2.
Lembar pengamatan
No.
Kelompok
|
Nama
anggota kelompok
|
Kriteria
penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penilaian:
1 = Kejujuran
2 = Kesopanan
3 = Kerjasama
4 = Komunikasi
1. Lembar
Penilaian
a. Bentuk
penilaian : Tes tulis
b. Teknik
penilaian :
1. Isian
singkat
2. Pilihan
ganda
3. Uraian
b.
Instrumen/soal:
1. Isian
singkat
A Isilah titik titik dengan ringan atau
berat......
1 Batu
lebih . . . . . . dari kapas
2 Kertas lebih . . . . . dari batu
2
Sepatu lebih . . . . . dari senda
1. Pilihan
ganda
A. Silanglaglah jawaban yang paling benar di
bawah ini.......
1. Benda
manakah yang lebih berat menurut kalian.......
a. Spidol b. Kertas c. Penghapus d. Bangku
2. Uraian
A. Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar..........
1. Sebutkan
benda apa saja menurut kalian paling berat yang ada di dalam kelas ?
Jawaban.................................................................................................
Komentar
Posting Komentar