RPP IPA kelas 5 SD KTSP
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Totosan II
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 2
Materi Pokok : Cahaya
dan Sifat-Sifatnya
Waktu :
8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode :
Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
6. Menerapkan
sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model
B. Kompetensi Dasar
6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
C. Tujuan Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Memahami peta konsep tentang cahaya
o
Siswa dapat Menyebutkan sifat cahaya :
o
Siswa dapat Memahami sifat cermin datar, cermin
cekung dan cermin cembung.
o
Siswa dapat Memahami bayangan yang terjadi pada
cermin datar, cermin cekung, cermin cembung.
o
Siswa dapat Memahami istilah dari pemantulkan
teratur, bayangan semu, bayangan nyata, pembiasan, medium, garis normal,
spektrum.
o
Siswa dapat Menyebutkan contoh peristiwa
penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
o
Siswa dapat Memahami bahwa benda terlihat oleh
mata karena benda memantulkan cahaya
o
Siswa dapat Memahami bahwa mata tidak dapat
melihat benda yang sangat kecil.
o
Siswa dapat Mengetahui cara menjaga mata agar
tidak rusak
o
Siswa dapat Mengetahui cacat mata
o
Siswa dapat Menyebutkan alat-alat optik yang
lain
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi Essensial
Sifat Cahaya
o
Cahaya merambat lurus
o
Cahaya menembus benda bening
o
Cahaya dapat dipantulkan
o
Cahaya dapat dibiaskan
o
Cahaya putih terdiri dari berbagai warna
Antara cahaya dan
penglihatan saling berhubungan
o
Benda dapat dilihat karena benda memantulkan
cahaya
o
Alat-alat optik membantu penglihatan
E. Media Belajar
o
Buku
SAINS SD Relevan Kelas V
o
Karton tebal, tiga potong kayu penjepit yang
seragam, gunting, pelubang, lampu senter, gelas bening, gelas berwarna, kaleng,
batu, karton, potongan triplek, plastik bening, dua botol bening, air jernih,
air berlumpur/keruh.
F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|
||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang cahaya
F
Memahami
bahwa cahaya merambat lurus
F
Memahami
bahwa cahaya menembus benda bening
F
Memahami
definisi benda bening
F
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Melakukan
kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||
o
Memberikan
kesimpulan bahwa
-
Berkas
cahaya merambat lurus
-
Cahaya
dapat menembus benda-benda bening
|
(5 menit)
|
||||
–
|
|
||||
Pertemuan ke-2
|
|
||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
o
Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang cahaya
F
Memahami
bahwa cahaya dapat dipantulkan
F
Memahami
istilah dari pemantulkan teratur
F
Memahami
bayangan yang terjadi pada cermin datar
F
Memahami
istilah dari bayangan semu dan nyata
F
Memahami
bayangan yang terjadi pada cermin cekung
F
Memahami
bayangan yang terjadi pada cermin cembung
F
Memahami
sifat cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.
F
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Melakukan
kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||
o
Memberikan
kesimpulan dari kegiatan :
-
Bayangan
yang dibentuk cermin datar selalau semu, tegak dan sama dengan bendanya
-
Jika
benda dekat cermin , bayangan yang dibentuk semu, lebih besar dan tegak. Jika
benda jauh dari cermin bayangan yang dibentuk nyata dan terbalik.
-
Bayangan
yang dibentuk cermin cembung selalau semu, lebih kecil, dan tegak seperti
bendanya
|
(5 menit)
|
||||
-
|
|
||||
Pertemuan ke-3
|
|
||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
o
Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang cahaya
F
Siswa
dapat Memahami bahwa cahaya dapat dibiaskan
F
Siswa
dapat Memahami istilah dari pembiasan, medium, garis normal., spektrum.
F
Memahami
bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai
F
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyebutkan
sifat-sifat pembiasan cahaya bila melalui dua medium yang berbeda.
F
Menyebutkan
contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Melakukan
kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||
o
Memberikan
kesimpulan bahwa :
-
Cahaya
dapat dibiaskan jika melalui dua medium yang berbeda.
-
Cahaya
matahari terdiri dari berbagai warna yang disebut dengan spektrum.
|
(5 menit)
|
||||
-
|
|
||||
Pertemuan ke-4
|
|
||||
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
o
Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang cahaya
F
Memahami
bahwa benda terlihat oleh mata karena benda memantulkan cahaya
F
Memahami
bahwa mata tidak dapat melihat benda yang sangat kecil.
F
Mengetahui
cara menjaga mata agar tidak rusak
-
Membaca
di tempat terang
-
Tidak
memandang langsung sumber cahaya yang menyilaukan.
F
Mengetahui
cacat mata
F
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyebutkan
alat-alat optik yang lain
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Melakukan
kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||
o
Memberikan
kesimpulan bahwa :
-
-
Cacat
mata dapat di tolong dengan menggunakan kacamata berlensa
|
(5 menit)
|
||||
-
|
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Mendemonstrasikan
sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap).
o
Mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung
atau cekung).
o
Menunjukkan
contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui
percobaan.
o
Menunjukkan
bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna.
o
Memberikan
contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
o
Jelaskanlah
sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap).
o
Jelaskanlah
sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung
atau cekung).
o
Sebutkanlah
contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui
percobaan.
o
Jelaskanlah
bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna.
o
Sebutkanlah
contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Selasa,
4 November 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
.................................. IMAM
GUSYAIRI
NIP : NIP
: 15862061A000878
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SDN Totosan II
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 2
Materi Pokok : Cahaya
dan Sifat-Sifatnya
Waktu :
8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode :
Praktek
A. Standar Kompetensi :
6. Menerapkan
sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model
B. Kompetensi Dasar
6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan
sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya.
C. Tujuan Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Membuat kaca pembesar dari air
o
Siswa dapat Membuat kaca pembesar dari bohlam
o
Siswa dapat Membuat kamera lubang jarum
o
Siswa dapat Membuat spektrum cahaya
o
Siswa dapat Membuat kaleidoskop
o
Siswa dapat Membuat cakram warna
o
Siswa dapat Membuat periskop.
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi Essensial
Karya Berteknologi
Sederhana
E. Media Belajar
o
Buku
SAINS SD Relevan Kelas V
o
Kertas karton, pelubang kertas, kotak kecil,
segelas air putih, sendok ekcil, kertas koran.
o
Bohlam bekas, obeng, olastik, karet gelang, air
jernih, kertas koran
F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
o
Memahami
peta konsep tentang cahaya
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan
sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
F
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Membuat
kaca pembesar dari air
F
Membuat
kaca pembesar dari bohlam
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o
Memberikan
motivasi untuk memodifikasi hasil rancangan sehingga menghasilkan karya/model
yang terbaik.
|
(5 menit)
|
o
–
|
|
Pertemuan ke-2
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
o
Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
o
Memahami
peta konsep tentang cahaya
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan
sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
F
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Membuat
kamera lubang jarum
F
Membuat
spektrum cahaya
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o
Memberikan
motivasi untuk memodifikasi hasil rancangan sehingga menghasilkan karya/model
yang terbaik.
|
(5 menit)
|
-
|
|
Pertemuan ke-3
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
o
Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
o
Memahami
peta konsep tentang cahaya
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan
sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
F
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Membuat
kaleidoskop
F
Membuat
cakram warna
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o
Memberikan
motivasi untuk memodifikasi hasil rancangan sehingga menghasilkan karya/model
yang terbaik.
|
(5 menit)
|
o
Membuat
periskop (hlm.159)
|
|
Pertemuan ke-4
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menagih
pekerjaan rumah
o
Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan
sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
F
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Uji
kompetensi
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o
Memberi
motivasi untuk mengulang materi di rumah
|
(5 menit)
|
o
Latihan
soal
|
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Menentukan
model yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misal periskop,
atau lensa sederhana.
o
Memilih
dan menentukan berbagai alat/bahan yang sesuai.
o
Menggunakan
bahan/benda yang sesuai.
o
Membuat
karya/model yang sesuai dengan rancangan.
o
Menguji
cara kerja model yang dibuat.
o
Memodifikasi
hasil rancangan untuk menghasilkan karya/model yang terbaik.
o
Menerapkan
prinsip keselamatan kerja.
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o
Membuat
kaca pembesar dari
-
Air
-
Bohlam
o
Membuat
kamera lubang jarum
o
Membuat
spektrum cahaya
o
Membuat
cakram warna
o
Membuat
periskop
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Selasa,
4 November 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
.................................. IMAM
GUSAYIRI
NIP : NIP
: 15862061A000878
Komentar
Posting Komentar