RPP IPA kelas 5 SD KTSP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                  :    SDN Totosan II
Mata Pelajaran                    :    Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester                  :    V/ 2
Materi Pokok                       :    Cahaya dan Sifat-Sifatnya
Waktu                                     :    8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode                                  :    Ceramah dan praktek

A.      Standar Kompetensi              :
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model

B.      Kompetensi Dasar
6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya

C.      Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang cahaya
o   Siswa dapat Menyebutkan sifat cahaya :
o   Siswa dapat Memahami sifat cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.
o   Siswa dapat Memahami bayangan yang terjadi pada cermin datar, cermin cekung, cermin cembung.
o   Siswa dapat Memahami istilah dari pemantulkan teratur, bayangan semu, bayangan nyata, pembiasan, medium, garis normal, spektrum.
o   Siswa dapat Menyebutkan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
o   Siswa dapat Memahami bahwa benda terlihat oleh mata karena benda memantulkan cahaya
o   Siswa dapat Memahami bahwa mata tidak dapat melihat benda yang sangat kecil.
o   Siswa dapat Mengetahui cara menjaga mata agar tidak rusak
o   Siswa dapat Mengetahui cacat mata
o   Siswa dapat Menyebutkan alat-alat optik yang lain

& Karakter siswa yang diharapkan :             Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.      Materi Essensial
Sifat Cahaya
o   Cahaya merambat lurus
o   Cahaya menembus benda bening
o   Cahaya dapat dipantulkan
o   Cahaya dapat dibiaskan
o   Cahaya putih terdiri dari berbagai warna
Antara cahaya dan penglihatan saling berhubungan
o   Benda dapat dilihat karena benda memantulkan cahaya
o   Alat-alat optik membantu penglihatan

E.       Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V
o   Karton tebal, tiga potong kayu penjepit yang seragam, gunting, pelubang, lampu senter, gelas bening, gelas berwarna, kaleng, batu, karton, potongan triplek, plastik bening, dua botol bening, air jernih, air berlumpur/keruh.

F.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Memahami peta konsep tentang cahaya
F  Memahami bahwa cahaya merambat lurus
F  Memahami bahwa cahaya menembus benda bening
F  Memahami definisi benda bening
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahwa
-       Berkas cahaya merambat lurus
-       Cahaya dapat menembus benda-benda bening


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah

Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Memahami peta konsep tentang cahaya
F  Memahami bahwa cahaya dapat dipantulkan
F  Memahami istilah dari pemantulkan teratur
F  Memahami bayangan yang terjadi pada cermin datar
F  Memahami istilah dari bayangan semu dan nyata
F  Memahami bayangan yang terjadi pada cermin cekung
F  Memahami bayangan yang terjadi pada cermin cembung
F  Memahami sifat cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan dari kegiatan :
-       Bayangan yang dibentuk cermin datar selalau semu, tegak dan sama dengan bendanya
-       Jika benda dekat cermin , bayangan yang dibentuk semu, lebih besar dan tegak. Jika benda jauh dari cermin bayangan yang dibentuk nyata dan terbalik.
-       Bayangan yang dibentuk cermin cembung selalau semu, lebih kecil, dan tegak seperti bendanya

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
-

Pertemuan ke-3

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Memahami peta konsep tentang cahaya
F  Siswa dapat Memahami bahwa cahaya dapat dibiaskan
F  Siswa dapat Memahami istilah dari pembiasan, medium, garis normal., spektrum.
F  Memahami bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Menyebutkan sifat-sifat pembiasan cahaya bila melalui dua medium yang berbeda.
F  Menyebutkan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahwa :
-       Cahaya dapat dibiaskan jika melalui dua medium yang berbeda.
-       Cahaya matahari terdiri dari berbagai warna yang disebut dengan spektrum.

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
-

Pertemuan ke-4

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Memahami peta konsep tentang cahaya
F  Memahami bahwa benda terlihat oleh mata karena benda memantulkan cahaya
F  Memahami bahwa mata tidak dapat melihat benda yang sangat kecil.
F  Mengetahui cara menjaga mata agar tidak rusak
-    Membaca di tempat terang
-    Tidak memandang langsung sumber cahaya yang menyilaukan.
F  Mengetahui cacat mata
-   Rabun jauh
-   Rabun dekat
-   Cacat mata tua

F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Menyebutkan alat-alat optik yang lain
-   Kaca pembesar
-   Kamera
-   Mikroskop
-   Teropong
-   Periskop
-   Overhead proyektor
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahwa :
-       Ada beberapa macam cacat mata, yaitu rabun jauh, rabundekat, cacat mata tua
-       Cacat mata dapat di tolong dengan menggunakan kacamata berlensa

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
-

G.     Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap).
o  Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung atau cekung).
o  Menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan.
o  Menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna.
o  Memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif



o  Jelaskanlah sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap).
o  Jelaskanlah sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung atau cekung).
o  Sebutkanlah contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan.
o  Jelaskanlah bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna.
o  Sebutkanlah contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








  CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                                                     Selasa, 4 November 2017
Mengetahui                                                                                                        
  Kepala Sekolah                                                                         Guru Mapel IPA



   ..................................                                                           IMAM GUSYAIRI
   NIP :                                                                                              NIP : 15862061A000878



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                  : SDN Totosan II
Mata Pelajaran                    :    Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester                  :    V/ 2
Materi Pokok                       :    Cahaya dan Sifat-Sifatnya
Waktu                                     :    8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode                                  :    Praktek

A.      Standar Kompetensi              :
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model

B.      Kompetensi Dasar
6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya.

C.      Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Membuat kaca pembesar dari air
o   Siswa dapat Membuat kaca pembesar dari bohlam
o   Siswa dapat Membuat kamera lubang jarum
o   Siswa dapat Membuat spektrum cahaya
o   Siswa dapat Membuat kaleidoskop
o   Siswa dapat Membuat cakram warna
o   Siswa dapat Membuat periskop.

& Karakter siswa yang diharapkan :             Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.      Materi Essensial
Karya Berteknologi Sederhana

E.       Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V
o   Kertas karton, pelubang kertas, kotak kecil, segelas air putih, sendok ekcil, kertas koran.
o   Bohlam bekas, obeng, olastik, karet gelang, air jernih, kertas koran

F.       Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
o   Memahami peta konsep tentang cahaya


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membuat kaca pembesar dari air
F  Membuat kaca pembesar dari bohlam
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan motivasi untuk memodifikasi hasil rancangan sehingga menghasilkan karya/model yang terbaik.


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o  

Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
o   Memahami peta konsep tentang cahaya


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membuat kamera lubang jarum
F  Membuat spektrum cahaya
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan motivasi untuk memodifikasi hasil rancangan sehingga menghasilkan karya/model yang terbaik.


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
-

Pertemuan ke-3

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
o   Memahami peta konsep tentang cahaya


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membuat kaleidoskop
F  Membuat cakram warna
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan motivasi untuk memodifikasi hasil rancangan sehingga menghasilkan karya/model yang terbaik.


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Membuat periskop (hlm.159)


Pertemuan ke-4

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menagih pekerjaan rumah
o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Uji kompetensi
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberi motivasi untuk mengulang materi di rumah


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Latihan soal



G.     Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menentukan model yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misal periskop, atau lensa sederhana.
o  Memilih dan menentukan berbagai alat/bahan yang sesuai.
o  Menggunakan bahan/benda yang sesuai.
o  Membuat karya/model yang sesuai dengan rancangan.
o  Menguji cara kerja model yang dibuat.
o  Memodifikasi hasil rancangan untuk menghasilkan karya/model yang terbaik.
o  Menerapkan prinsip keselamatan kerja.

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan

Uraian Objektif

o  Membuat kaca pembesar dari
-    Air
-    Bohlam
o  Membuat kamera lubang jarum
o  Membuat spektrum cahaya
o  Membuat cakram warna
o  Membuat periskop


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1
&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







 
 CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                                                     Selasa, 4 November 2017
Mengetahui                                                                                                        
  Kepala Sekolah                                                                         Guru Mapel IPA



   ..................................                                                           IMAM GUSAYIRI
   NIP :                                                                                              NIP : 15862061A000878


Komentar

Postingan populer dari blog ini