RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SDN Totosan II
Kelas,
Semester : IV
(empat), 1 (satu)
Tema :
Selalu
Berhemat Energi / 2
Sub
tema : Pemanfaatan Energi / 2
Pembelajaran
: 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
(6 x 35 menit)
- KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima, menghargai
dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, tetangga, dan
guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa
ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, logis dan sistematis,
dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan
berakhlak mulia.
- KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan
mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
4.6
Menyajikan
laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
IPS
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
Evaluasi
C. Indikator
IPA
Membedakan
sifat perpindahan panas
IPS
Menjelaskan pengalaman bekerja sama dengan teman
D. Tujuan
1. Setelah melakukan percobaan, siswa mampu membedakan sifat perpindahan
panas (konveksi, konduksi dan radiasi) dengan benar.
2. Setelah melakukan kegiatan bekerja sama dalam melakukan percobaan, siswa
menuliskan pengalamannya dan hal-hal yang telah dipelajari dari kegiatan
tersebut dengan detail dan benar.
E. Materi
IPA
Membedakan
sifat perpindahan panas
IPS
Menjelaskan pengalaman bekerja sama dengan teman
F. Pendekatan dan
Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative
Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya
Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing
2.
Melakukan
komunikasi
tentang
kehadiran siswa
3.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
4.
Meminta informasi
dari
siswa mengenai kegiatan
piket yang
telah dilaksanakan
pada pagi hari
dan
bertanya tentang
hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan
kegiatan
pembelajaran.
5.
Menginformasikan Tema yang
akan dibelajarkan
|
15
menit
|
Inti
|
6. Siswa mengamati gambar dan berdiskusi tentang konduksi,
konveksi, dan radiasi.
7. Siswa melakukan percobaan tentang konduksi,
konveksi, dan radiasi dan membuat kesimpulan hasil percobaan (Penilaian no.
2)
8. Siswa membuat refleksi sikap saat melakukan
percobaan (Penilaian no. 3)
9. Siswa mengerjakan evaluasi.
10. Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
|
170
menit
|
Penutup
|
11. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
hasil belajar selama sehari
12. Bertanya jawab
tentang materi
yang telah dipelajari
(untuk mengetahui
hasil ketercapaian
materi)
13. Melakukan penilaian hasil
belajar
14. Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing
15. Mengamati
sikap siswa
dalam berdo’a (sikap
duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya)
16. Apabila ada siswa yang
kurang
benar dalam berdo’a, maka
setelah selesai
kegiatan
berdo’a, langsung
diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
25
menit
|
H. Sumber dan Media
1.
Buku Tematik Kelas IV
(buku teks)
2.
Besi
3.
Kayu
4.
Plastik
5.
Spirtus
6.
Lilin
I.
Penilaian
1.
Prosedur
Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan
lisan (terlampir)
2. Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja
2)
Penilaian Produk
b.
Penilaian Hasil Belajar
1)
Pilihan
ganda
2)
Isian
singkat
3)
Esai atau uraian
Penilaian
1. Sikap: rasa ingin tahu,
obyektif, teliti, cermat, hati-hati, bertanggung jawab, dan peduli lingkungan
2. Keterampilan: Menganalisis,
berkomunikasi
3. Pengetahuan: Sifat hantaran
benda, perpindahan panas
1.
Evaluasi dinilai dengan angka.
2.
Daftar Periksa IPA
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
a.
Siswa
dapat membuat kesimpulan tentang radiasi dengan benar
|
|
|
b.
Siswa
dapat membuat kesimpulan tentang konduksi dengan benar
|
|
|
c.
Siswa
dapat membuat kesimpulan tentang konveksi dengan benar
|
|
|
3.
Daftar periksa IPS
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
a.
Dalam
cerita sudah tertulis tentang refleksi sikapku saat melakukan percobaan
|
|
|
b.
Dalam
cerita sudah tertulis tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan
percobaan
|
|
|
c.
Dalam
cerita sudah tertulis 4 sikap yang perlu ditunjukkan saat bekerjasama dengan
temanku
|
|
|
4.
Penilaian Sikap
No.
|
Sikap
|
Belum
terlihat
|
Mulai
terlihat
|
Mulai
berkembang
|
Membudaya
|
Ket
|
1
|
Teliti
|
|
|
√
|
|
|
2
|
Bertanggung jawab
|
|
√
|
|
|
|
3
|
Hati-hati
|
|
|
|
√
|
|
4
|
Rasa ingin tahu
|
|
|
√
|
|
|
5
|
Obyektif
|
√
|
|
|
|
|
5. Kerja
sama dengan orang tua
Mengulang kembali soal evaluasi yang
belum dikerjakan siswa dengan benar.
Lembar Kerja Peserta Didik 1
Satuan Pendidikan : SDN
MAWAR 1
Kelas, Semester : IV (empat), 1 (satu)
Tema :
Selalu
Berhemat Energi / 2
Sub tema : Pemanfaatan Energi / 2
Pembelajaran :
6
Alokasi Waktu :
1
Hari (6 x 35 menit)
Tujuan kegiatan
Menunjukkan
bahwa gejala konveksi kalor dapat terjadi di dalam zat cair (air)
Alat dan Bahan:
1. Bejana/panci kaca 1 buah.
2. Serbuk gergaji secukupnya.
3. Tripot 1 buah.
4. Nyala api
Cara Kerja
1. Isilah bejana dengan air sampai hampir penuh.
2. Campurkan sedikit serbuk gergaji ke dalam bejana air dan aduklah
sampai merata.
3. Panaskan bejana dan selanjutnya amati serbuk gergaji yang ada dalam
air.
4. Apa
yang terjadi? Tuliskan pada kolom berikut!
Lembar Kerja Peserta Didik 2
Satuan Pendidikan : SDN
MAWAR 1
Kelas, Semester : IV (empat), 1 (satu)
Tema :
Selalu
Berhemat Energi / 2
Sub tema : Pemanfaatan Energi / 2
Pembelajaran :
6
Alokasi Waktu :
1
Hari (6 x 35 menit)
Tujuan:
Menunjukkan perpindahan kalor secara konduksi
Alat:
Sepotong besi, bunsen/lilin
Cara Kerja:
Panaskan sepotong besi dengan menggunakan pembakar bunsen atau dengan menggunakan
api dari lilin. Tunggu beberapa saat. Apa yang dirasakan oleh tanganmu?
Tuliskan jawabanmu.
BAHAN
AJAR
Kalor
dapat berpindah dari tempat yang bersuhu tinggi ke tempat bersuhu rendah.
Perpindahan kalor dapat terjadi melalui tiga cara, yaitu konveksi, radiasi, dan
konduksi.
1.
Konveksi,
yaitu perpindahan kalor yang terjadi melalui aliran zat atau disertai perpindahan
zat perantaranya. Contoh :
a.
Adanya gerakan naik turun kacang hijau dalam air mendidih.
b. Terjadinya angin darat dan angin laut.
2.
Radiasi,
yaitu perpindahan kalor tanpa zat perantara. Contoh terjadinya radiasi sebagai
berikut :
a. Tubuh
terasa hangat jika berada di sekitar api unggun.
b.
Tangan yang didekatkan pada lampu menyala akan terasa hangat.
c. Panas matahari dapat dirasakan di bumi.
3.
Konduksi,
yaitu perpindahan kalor melalui zat perantara, tetapi zat perantara tersebut
tidak ikut berpindah (bergerak). Contoh konduksi sebagai berikut:
a. Ujung
logam yang terasa panas saat ujung lainnya dipanaskan.
b. Telur
akan cepat matang saat digoreng di atas wajan aluminium.
c. Mentega akan
meleleh saat diletakkan di atas wajan yang dipanaskan.
Komentar
Posting Komentar