RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SDN Totosan II
Kelas, Semester       :  IV (empat), 1 (satu)
Tema                          :  Selalu Berhemat Energi / 2
Sub tema                    :  Pemanfaatan Energi / 2
Pembelajaran            :  6
Alokasi Waktu           :  1 Hari (6 x 35 menit)

  1. KOMPETENSI INTI
1.      Menerima, menghargai dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

  1. KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4     Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
4.6         Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
IPS
3.5    Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5     Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Evaluasi

C.    Indikator       
IPA
Membedakan sifat perpindahan panas
IPS
Menjelaskan pengalaman bekerja sama dengan teman

D.    Tujuan
1.      Setelah melakukan percobaan, siswa mampu membedakan sifat perpindahan panas (konveksi, konduksi dan radiasi) dengan benar.
2.      Setelah melakukan kegiatan bekerja sama dalam melakukan percobaan, siswa menuliskan pengalamannya dan hal-hal yang telah dipelajari dari kegiatan tersebut dengan detail dan benar.

E.     Materi
IPA
Membedakan sifat perpindahan panas
IPS
Menjelaskan pengalaman bekerja sama dengan teman

F.     Pendekatan dan Metode
Pendekatan      : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik              : Example Non Example
Metode             : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

G.    Kegiatan  Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
4.      Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
5.      Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan
15 menit
Inti
6.      Siswa mengamati gambar dan berdiskusi tentang konduksi, konveksi, dan radiasi.
7.      Siswa melakukan percobaan tentang konduksi, konveksi, dan radiasi dan membuat kesimpulan hasil percobaan (Penilaian no. 2)
8.      Siswa membuat refleksi sikap saat melakukan percobaan (Penilaian no. 3)
9.      Siswa mengerjakan evaluasi.
10.  Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
170 menit
Penutup
11.  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari
12.  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
13.  Melakukan penilaian hasil belajar
14.  Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing
15.  Mengamati sikap siswa dalam berdoa (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya)
16.  Apabila ada siswa yang kurang benar dalam berdoa, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
25 menit

H.    Sumber dan Media
1.      Buku Tematik Kelas IV (buku teks)
2.      Besi
3.      Kayu
4.      Plastik
5.      Spirtus
6.      Lilin

I.       Penilaian
1.  Prosedur Penilaian
a.  Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.  Penilaian Hasil Belajar
   Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
2.  Instrumen Penilaian
a.  Penilaian Proses
1)      Penilaian Kinerja
2)      Penilaian Produk
b.  Penilaian Hasil Belajar
1)      Pilihan ganda
2)      Isian singkat
3)      Esai atau uraian








Penilaian
1.      Sikap: rasa ingin tahu, obyektif, teliti, cermat, hati-hati, bertanggung jawab, dan peduli lingkungan
2.      Keterampilan: Menganalisis, berkomunikasi
3.      Pengetahuan: Sifat hantaran benda, perpindahan panas

1.      Evaluasi dinilai dengan angka.
2.      Daftar Periksa IPA
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
a.       Siswa dapat membuat kesimpulan tentang radiasi dengan benar


b.      Siswa dapat membuat kesimpulan tentang konduksi dengan benar


c.       Siswa dapat membuat kesimpulan tentang konveksi dengan benar




3.      Daftar periksa IPS
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
a.       Dalam cerita sudah tertulis tentang refleksi sikapku saat melakukan percobaan


b.      Dalam cerita sudah tertulis tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan percobaan


c.       Dalam cerita sudah tertulis 4 sikap yang perlu ditunjukkan saat bekerjasama dengan temanku




4.      Penilaian Sikap
No.

Sikap

Belum
terlihat

Mulai
terlihat

Mulai
berkembang
Membudaya
Ket
1
Teliti




2
Bertanggung jawab




3
Hati-hati




4
Rasa ingin tahu




5
Obyektif





5.   Kerja sama dengan orang tua
      Mengulang kembali soal evaluasi yang belum dikerjakan siswa dengan benar.


Lembar Kerja Peserta Didik 1

Satuan Pendidikan        : SDN MAWAR 1
Kelas, Semester           :  IV (empat), 1 (satu)
Tema                              :  Selalu Berhemat Energi / 2
Sub tema                        :  Pemanfaatan Energi / 2
Pembelajaran                 :  6
Alokasi Waktu               :  1 Hari (6 x 35 menit)

Tujuan kegiatan
Menunjukkan bahwa gejala konveksi kalor dapat terjadi di dalam zat cair (air)

Alat dan Bahan:
1. Bejana/panci kaca 1 buah.
2. Serbuk gergaji secukupnya.
3. Tripot 1 buah.
4. Nyala api
Cara Kerja
1. Isilah bejana dengan air sampai hampir penuh.
2. Campurkan sedikit serbuk gergaji ke dalam bejana air dan aduklah sampai merata.
3. Panaskan bejana dan selanjutnya amati serbuk gergaji yang ada dalam air.
4. Apa yang terjadi? Tuliskan pada kolom berikut!



Lembar Kerja Peserta Didik 2

Satuan Pendidikan        : SDN MAWAR 1
Kelas, Semester           :  IV (empat), 1 (satu)
Tema                              :  Selalu Berhemat Energi / 2
Sub tema                        :  Pemanfaatan Energi / 2
Pembelajaran                 :  6
Alokasi Waktu               :  1 Hari (6 x 35 menit)

Tujuan:
Menunjukkan perpindahan kalor secara konduksi

Alat:
Sepotong besi, bunsen/lilin

Cara Kerja:
Panaskan sepotong besi dengan menggunakan pembakar bunsen atau dengan menggunakan api dari lilin. Tunggu beberapa saat. Apa yang dirasakan oleh tanganmu? Tuliskan jawabanmu.

 


BAHAN AJAR


Kalor dapat berpindah dari tempat yang bersuhu tinggi ke tempat bersuhu rendah. Perpindahan kalor dapat terjadi melalui tiga cara, yaitu konveksi, radiasi, dan konduksi.
1.      Konveksi, yaitu perpindahan kalor yang terjadi melalui aliran zat atau disertai perpindahan zat perantaranya. Contoh :
a. Adanya gerakan naik turun kacang hijau dalam air mendidih.
b. Terjadinya angin darat dan angin laut.
2.      Radiasi, yaitu perpindahan kalor tanpa zat perantara. Contoh terjadinya radiasi sebagai berikut :
a. Tubuh terasa hangat jika berada di sekitar api unggun.
b. Tangan yang didekatkan pada lampu menyala akan terasa hangat.
c.  Panas matahari dapat dirasakan di bumi.
3.      Konduksi, yaitu perpindahan kalor melalui zat perantara, tetapi zat perantara tersebut tidak ikut berpindah (bergerak). Contoh konduksi sebagai berikut:
a. Ujung logam yang terasa panas saat ujung lainnya dipanaskan.
b. Telur akan cepat matang saat digoreng di atas wajan aluminium.

c. Mentega akan meleleh saat diletakkan di atas wajan yang dipanaskan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP IPA kelas 5 SD KTSP